by

Tenaga Kesehatan di RSUD Serang Mulai Disuntik Vaksin

-BANTEN-8 views

SERANG (OneBanten) – Program vaksin Covid-19 mulai berjalan di berbagai daerah. Tenaga kesehatan (nakes), baik medis dan perawat mendapat prioritas suntik vaksin Covid-19.

Setelah diluncurkan Presiden Joko Widodo pada Rabu, 13 Januari 2021 lalu, program vaksin Covid-19 mulai berlangsung di berbagai daerah. Untuk tahap awal ini, vaksin Covid-19 baru diberikan ke tenaga kesehatan.

Pemerintah Kota (Pemkot) Serang mulai menggelar suntik vaksin Covid-19 pada Senin, 18 Januari 2021 untuk tenaga kesehatan (Nakes).

Wali Kota Serang Syafrudinpun melakukan peninjauan dalam pelaksanaan vaksinasi tersebut. Ditemani oleh Kepala Dinas Kesehatan M Iqbal.

“Kita dikirim dari Pemprov baru 450 vaksin. Ini dibagi di beberapa rumah sakit, klinik dan Puskesmas,” ucap Syafrudin disela-sela tinjauan di RSUD Kota Serang, Penancangan, Kecamatan Cipocok Jaya.

Ia menjelaskan, untuk jumlah Nakes di Kota Serang berjumlah 5000-an.

“Jumlah segitu sampai ke tingkat bawah, sampai Puskesmas,” katanya.

Sementara itu, Dirut RSUD Kota Serang Tedja Ratri menjelaskan para tenaga medis harus melalui proses empat meja pemeriksaan.

“Meja pertama yakni pendaftaran, para tenaga medis harus melampirkan bukti SMS dari Kementerian Kesehatan (Kemenskes), lalu melakukan pendaftaran ulang,” jelasnya.

Ia mengungkapkan, meja kedua, melakukan proses screening atau penyaringan melalui proses pemeriksaan kesehatan. Kemudian, meja ketiga baru dilakukan penyuntikan vaksin, setelah itu menuju meja ke empat yakni ruangan observasi.

“Setelah divaksin pasien masuk ruangan observasi menunggu selama 30 menit, kalau tidak ada efek samping pasien dibolehkan pulang,” ucapnya.

Di RSUD Kota Serang sendiri ada 238 tenaga kesehatan yang siap divaksin. Sejauh ini baru 10 pasien yang terdaftar dan 9 pasien sudah menjalani vaksin.

“Dari 238 itu tidak semuanya di sini, karena ada beberapa tenaga medis yang mendaftarkan di dekat kediamannya (Puskesmas),” tandasnya.(zie)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed