by

Mulai Hari Ini Ribuan Nakes di Cilegon Mulai Divaksin

KOTA CILEGON (OneBanten) — Pemerintah Kota (Pemkot) Cilegon mulai hari ini, Senin, 25 Januari 2021 melakukan vaksinasi kepada ribuan tenaga kesehatan dengan menyiapkan 1.844 dosis vaksin.

“Penyuntikan dimulai serentak di 39 fasilitas kesehatan (Faskes),” kata Plt Kepala Seksi Pencegahan dan Pengendali Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Kota Cilegon dr. Febrinaldo, Senin, 25 Januari 2021.

Febri mengungkapkan dalam vaksinasi tahap pertama tersebut, ada 1.844 tenaga kesehatan yang akan divaksin.

“Yang pertama divaksin adalah pegawai Dinas Kesehatan, lalu ke petugas di Puskesmas, baru ke swasta seperti Bidan, Dokter klinik, dan sebagainya,” tuturnya.

Nantinya, para tenaga kesehatan swasta akan dimasukkan ke sistem yang teregistrasi agar terdata mengenai riwayat penyakit.

Adapun lama waktu yang akan dihabiskan untuk pelaksanaan vaksinasi tergantung dari teknis masing-masing yang ada di setiap fasilitas kesehatan.

“Setiap penerima akan di vaksin sebanyak 2 kali dengan waktu yang berbeda dengan interval waktu 14 hari kemudian,” ucapnya.

Ia menjelaskan dari 5.000 vaksin yang ada, baru sejumlah 1.844 vaksin yang sudah didistribusikan atau diambil oleh petugas faskes yang telah ditunjuk oleh Pemerintah Kota Cilegon.

Berdasarkan data Dinas Kesehatan Kota Cilegon, dari 39 fasilitas kesehatan yang akan melaksanakan vaksinasi Sinovac yakni 3 rumah sakit yang ada di Kota Cilegon diantaranya, RSUD Cilegon, RSKM dan RS Kurnia. Adapun jatah untuk masing-masing RS tersebut adalah, RSUD Kota Cilegon mendapat 580 vaksin, RSKM sebanyak 437 vaksin dan RS Kurnia mendapat 285 vaksin.(zie)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed