by

Arab Saudi Melarang 20 Negara Masuk, 200 Jemaah Umrah Banten Gagal Berangkat

SERANG (OneBanten) – Pemerintah Kerajaan Arab Saudi kembali menutup akses masuk bagi 20 negara untuk menghindari penularan virus corona (Covid-19). Sebelumnya Arab Saudi telah mengumumkan suksesnya penanganan Covid-19 di Arab Saudi dan menjadi negara keempat yang paling aman dikunjungi di masa pandemi.

Namun, munculnya peningkatan kasus membuat Arab Saudi melakukan pengetatan kembali. Aturan ini mengakibatkan perjalanan umrah 2021 kembali tertunda.

Kepala Bidang Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kanwil Kemenag Banten Mahdum Bachtiar mengatakan, berdasarkan rilis dari Pemerintah Arab Saudi, Indonesia salah satu dari 20 negara terprotek.

“Mungkin pertimbangannya tingkat Covid-19 masih tinggi. Untuk sementara menutup pintu untuk jemaah umrah asal Indonesia,” ucap Mahdum saat ditemui di Kanwil Kemenag Banten, Kota Serang, Kamis, 4 Februari 2021.

Dia menambahkan, untuk penutupan tersebut sampai tanggal 15 Mei 2021, ia berharap mudah-mudahan tidak sampai situ dan ada kebijakan baru.

“Total tidak ada yang boleh masuk dari Banten untuk umrah sekitar 200-an. Mereka para calon jemaah umrah ini daftarnya di travel,” kata Mahdun.

Selain itu, lanjut Mahdun, untuk masalah haji sampai sekarang Pemerintah Arab Saudi belum memberikan kepastian tentang pelaksanaan haji 2021.

“Mudah-mudahan kita berharap Pemerintah Arab Saudi bisa membuka pintu pelaksanaan haji untuk Indonesia,” ungkapnya.

Sementara itu, jumlah calon jemaah haji asal Banten mencapai 9.647 orang. Diketahui, pada tahun 2020 jamaah haji untuk Indonesia ditiadakan menyusul adanya pandemi Covid-19.

“Jika kemudian harus mundur lagi terus dilakukan penggeseran,” tandasnya.(zie)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed