by

Polresta Tangerang Imbau Warga Waspada Peredaran Uang Palsu Jelang Lebaran

KABUPATEN TANGERANG (OneBanten) – Menjelang Lebaran kerap marak peredaran uang palsu. Untuk itu, polisi mengimbau warga lebih hati-hati dan jeli meneliti perbedaan uang palsu dan asli.

Kapolresta Tangerang Kombes Pol Wahyu Sri Bintoro mengatakan, meski hingga saat ini belum ditemukan kasus peredaran uang palsu di Kabupaten Tangerang, namun masyarakat harus tetap waspada. Pasalnya, menjelang Lebaran kerap dimanfaatkan orang-orang yang tidak bertanggung jawab untuk mengedarkan uang palsu.

“Kewaspadaan itu sangat penting. Apalagi mendekati Lebaran kaya gini, orang mau tukar-tukar uang, mecah uang, kan banyak,” kata Wahyu kepada OneBanten, Senin, 10 Mei 2021.

Sebagai langkah antisipasi peredaran uang palsu, lanjut Wahyu, petugas reskrim akan melakukan pengecekan di sejumlah tempat yang berpotensi terjadi peredaran uang palsu, seperti tempat penukaran uang, pertokoan dan sebagainya.

“Nanti kita akan melakukan pengecekan dengan berkoordinasi dengan BI,” ucapnya.

Wahyu juga meminta masyarakat untuk tidak segan melapor ke pihak kepolisian jika menemukan uang palsu. Sebab peran aktif masyarakat akan sangat membantu.

Ia melanjutkan, masyarakat yang menemukan uang palsu pun diminta untuk mencatat dari mana atau dari siapa uang palsu tersebut diperoleh. Yang menjadi hal penting karena akan menjadi dasar bagi pihak berwenang untuk melakukan penyelidikan lebih lanjut.

“Masyarakat juga silahkan, kalau memang menemukan ada uang palsu, silahkan laporkan ke Polresta Tangerang maupun polsek. Jadi kami pun melakukan penyelidikan, biar tidak terjadi orang yang tertipu uang palsu,” imbuhnya.

Lebih jauh, Wahyu meminta masyarakat waspada saat bertransaksi dengan menggunakan uang tunai. Karena saat Ramadan dan menjelang Idul Fitri, transaksi di berbagai sektor ekonomi meningkat. Lantaran konsumsi masyarakat bertambah.(Ramzy)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed