Menu

Mode Gelap
Diduga Berkelahi, Santri Ponpes di Jayanti Meninggal Dunia Perkuat Komitmen, DPRD Teken Pakta Integritas dengan Kejari Kabupaten Tangerang Ratusan Anak Ikuti BIAN di Kelurahan Kelapa Dua Tersangka Kasus Pupuk Kembalikan Uang Negara Rp110 Juta FOPKIA dan PWI Kabupaten Tangerang Teken MoU

PENDIDIKAN · 12 Jan 2022 10:07 WIB ·

SDN Sodong 1 Larang Siswanya Ikut PTM Bila Tidak Divaksin


 Ilustrasi siswa divaksin. Perbesar

Ilustrasi siswa divaksin.

KABUPATEN TANGERANG (OneBanten) – SDN Sodong 1 yang berlokasi di jalan Aria Wangsakara, Desa Sodong, Kecamatan Tigaraksa, Kabupaten Tangerang, mulai melaksanakan vaksinasi Covid-19 bagi para siswanya pada Rabu 12 Januari 2022.

Namun, di tengah pelaksanaan vaksinasi bagi usia 6-11 tahun itu beredar kabar miring bahwa siswa yang tidak mendapat izin orang tua untuk divaksin tidak diperbolehkan mengikuti pembelajaran tatap muka (PTM).

Hal tersebut disampaikan oleh salah seorang wali murid yang namanya tidak ingin disebutkan. Kepada wartawan ia mengatakan, anaknya yang merupakan siswa SDN Sodong 1 tidak bisa divaksinasi Covid-19 lantaran mempunyai riwayat penyakit bawaan.

Namun, pihak sekolah dan penyelenggara vaksinasi malah mengancam siswa yang tidak mau divaksin dilarang untuk ikut PTM.

“Anak saya tidak bisa divaksin karena punya penyakit bawaan (lambung) tapi ada ucapan dari penyelenggara vaksinasi bahwa siswa yang tidak divaksin tidak boleh ikut PTM. Setahu saya vaksinasi ini juga tidak diwajibkan,” katanya, Rabu 12 Januari 2022.

Sementara itu, Kepala Sekolah SDN Sodong 1 Rosmia Darmayanti membantah kabar miring tersebut. Menurutnya, pihak sekolah hanya memberikan imbauan kepada siswa yang tidak divaksin agar tidak perlu datang ke sekolah.

Hal itu dikarenakan, beberapa siswa SDN Sodong 1 yang sudah melakukan vaksinasi secara mandiri dan beberapa siswa lainnya tidak mendapat izin orang tuanya karena alasan sakit atau mempunyai penyakit bawaan.

“Kalau orang tuanya tidak mengizinkan anaknya untuk divaksin silahkan tidak usah datang ke sekolah bukan tidak boleh PTM,” jelasnya.

Ia melanjutkan, sesuai surat edaran dari Dinas Pendidikan, untuk mencapai herd immunity di sekolah vaksinasi dilaksanakan minimal 75 persen. Makan dari itu tidak ada paksaan bagi siswa untuk divaksinasi.

Bahkan sebelumnya pihak sekolah juga sudah memberikan surat kepada wali murid terkait boleh tidaknya anak mereka untuk disuntik vaksin Covid-19.

“Yang mengizinkan silahkan orang tuanya datang ke sekolah untuk mendampingi anaknya divaksin. Bagi siswa yang tidak mendapat izin tidak diharuskan datang ke sekolah. Bukan tidak boleh ikut PTM yah,” tuturnya

Kendati begitu, menurutnya vaksinasi anak usia 6-11 tahun di SDN Sodong 1 berjalan dengan lancar. Secara keseluruhan ada 407 siswa yang terdata untuk divaksinasi Covid-19.

“Siswa SDN Sodong 1 ada 407 yang divaksin tapi berapa yang divaksin belum jelas karena belum selesai. Cuma memang tadi ada siswa yang tidak bisa divaksin karenakan ada screeningnya dulu,” pungkasnya.(Khi/zie)

Artikel ini telah dibaca 1 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Miris, Anak Yatim Piatu di Tigaraksa Terancam Putus Sekolah

10 July 2022 - 11:35 WIB

Sosialisasi dan Penerapan Sistem Informasi Berbasis Web Pada Musholla Nurul Huda Bhakti Jaya

1 July 2022 - 13:57 WIB

TCC Gerudug Kantor Dindik Kabupaten Tangerang, Ini yang Akan Dilakukan

9 June 2022 - 06:19 WIB

Universitas Mercu Buana Gelar Seminar Public Speaking di SMK Insan Mulia

24 May 2022 - 06:40 WIB

Mahasiswi UMB Gelar Seminar Public Speaking di SMK Insan Mulia

PTM di Kabupaten Tangerang Belum 100 Persen, Ini Alasan Kepala KCD dan Kadisdik

8 January 2022 - 05:58 WIB

PTM di Kota Tangerang Sudah 100 Persen

4 January 2022 - 05:19 WIB

Arief saat tinjau SDN Pondok Bahar 6
Trending di PENDIDIKAN