Menu

Mode Gelap
Diduga Berkelahi, Santri Ponpes di Jayanti Meninggal Dunia Perkuat Komitmen, DPRD Teken Pakta Integritas dengan Kejari Kabupaten Tangerang Ratusan Anak Ikuti BIAN di Kelurahan Kelapa Dua Tersangka Kasus Pupuk Kembalikan Uang Negara Rp110 Juta FOPKIA dan PWI Kabupaten Tangerang Teken MoU

PERISTIWA · 25 Apr 2022 04:39 WIB ·

Masyarakat Diminta Jauhi Radius 5 KM dari Anak Gunung Krakatau


 Anak Gunung Krakatau. Perbesar

Anak Gunung Krakatau.

SERANG (OneBanten) — Masyarakat Banten kembali dikejutkan dengan pengumuman dari pemerintah melalui surat dari Badan Geologi Kementerian ESDM tanggal 24 April 2022. Di dalam surat bernomor 184.Lap/GL.05/BGL/2022 yang ditandatangani oleh Kapala Badan Geologi, Eko Budi Lelono disebutkan peningkatan tingkat aktivitas Gunung Anak Kraktau dari Level II-Waspada menjadi Level III-Siaga.

“Benar, kami telah menerima surat dari Badan Geologi Kementerian ESDM dan telah mempelajari isi dalam surat tersebut untuk ditindaklanjuti oleh Polda Banten terkait status anak Gunung Krakatau,” kata Kabid Humas Polda Banten Kombes Pol Shinto Silitonga dalam keterangannya pada Senin, 25 April 2022.

Sesuai surat yang dimaksud, Badan Geologi telah mengidentifikasi peta Kawasan Rawan Bencana (KRB) yang menunjukan hampir seluruh tubuh Gunung Anak Krakatau yang berdiameter sekitar 2 KM itu menjadi kawasan yang rawan bencana.

“Potensi bahaya berupa lontaran material pijar dalam radius 2 KM dari pusat erupsi, kemungkinan lontaran akan menjangkau jarak yang lebih jauh dan sebaran abu vulkanik juga bergerak sesuai arah dan kecepatan angin ke kawasan yang lebih jauh,” kutip Shinto sesuai isi dalam surat.

Dalam masa Operasi Ketupat Maung 2022 terutama mengantisipasi arus mudik menjelang Idul Fitri 1443 H, informasi ini menjadi penting untuk disosialisasikan secara meluas kepada masyarakat sehingga warga yang akan melintas di wilayah Banten terutama warga Banten mempunyai kewaspadaan diri dalam menghadapi kemungkinan terjadinya bencana.

“Kami perlu sosialisasikan meluas informasi ini, sehingga warga yang melintas wilayah Banten terutama warga Banten dapat waspada dari kemungkinan terjadi bencana alam seperti gempa, gelombang air laut tinggi hingga tsunami termasuk gangguan dari abu vulkanik yang terbawa angin,” terang Shinto.

Ketika dikonfirmasi, Kepala Pos Pantau Gunung Anak Krakatau di Pasauran, Deni Mardiono juga menghimbau masyarakat agar tidak beraktivitas dalam radius 5 km ke kawah gunung.

“Mengingat aktivitas gunung yang terus meningkat, kami meminta masyarakat dalam radius 5 km dari gunung untuk tetap waspada,” kata Deni.(Hendra)

Artikel ini telah dibaca 0 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Polisi Tetapkan Satu Anak Pelaku Penganiayaan Santri Ponpes di Jayati

9 August 2022 - 06:12 WIB

Polisi Tetapkan Satu Anak Pelaku Penganiayaan Santri Ponpes di Jayati

Diduga Berkelahi, Santri Ponpes di Jayanti Meninggal Dunia

8 August 2022 - 04:54 WIB

Tabung Gas Meledak Satu Rumah Kontrakan di Kampung Babakan Hancur

14 July 2022 - 15:24 WIB

Freestyle Motor Berujung Maut di Tangerang, 1 Meninggal, 1 Luka Berat

14 June 2022 - 04:50 WIB

Freestyle Motor Berujung Maut di Tangerang, 1 Meninggal, 1 Luka Berat

Tabrak Pembatas Jalan di Balaraja, Pengendara RX King Tewas

1 June 2022 - 03:39 WIB

Jasad Pria yang Ditemukan di Danau Gawir Legok Diduga Korban Pembunuhan

31 May 2022 - 13:04 WIB

Polisi Tangkap Dua Pelaku Pembuangan Jasad di Danau Gawir
Trending di PERISTIWA