by

Perumdam TKR Resmi Serahkan 20 Ribu Pelanggan ke Tirta Benteng Kota Tangerang

KABUPATEN TANGERANG (OneBanten) —Sebanyak 20 ribu pelanggan Perusahaan Umum Daerah Air Minum (Perumdam) Tirta Kerta Raharja resmi diserahkan ke Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang melalui Perumda Tirta Benteng, Rabu, 1 September 2021.

Serah terima aset tahap satu itu adalah untuk area pelayanan satu yang meliputi Kecamatan Tangerang, Neglasari, dan Karawaci. Sehingga, Per 1 Sepember ini, pelayanan air bersih di tiga kecamatan tersebut pun beralih ke Perumda Tirta Benteng, Kota Tangerang.

Direktur Utama Perumdam TKR Kabupaten Tangerang Sofyan Safar mengatakan, meski kehilangan 20 ribu pelanggan, namun hal itu tidak berdampak pada kinerja perusahaan yang telah mendapatkan berbagai penghargaan, salah satunya PDAM terbaik se-Indonesia dua tahun berturut-turut, tahun 2019 dan 2020 dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, dan mendapatkan anugerah Top BUMD dan Top CEO BUMD tahun 2020.

“Hal ini tidak mempengaruhi kinerja Perumdam TKR, karena wilayah 1 tidak masuk dalam penilaian kinerja dari BPPSPAM (Badan Peningkatan Pengembangan Sistem Penyediaan Air Minum). Justru dengan kami menyerahkan sambungan langganan di Kota Tangerang, kami berharap seluruh staf Perumdam TKR lebih fokus untuk pencapaian target di RPJMD Kabupaten Tangerang, sebanyak 60 persen (warga terlayani air bersih,” ungkap Sofyan usai penandatanganan kerjasama air curah antara Perumdam TKR dengan Perumda Tirta Benteng di aula kantor pusat Perumdam TKR Kabupaten Tangerang, Jalan Kisamaun, Kota Tangerang,

Meski telah diserahterimakan, tetapi Perumdam TKR tetap mendampingi Perumda Tirta Benteng untuk ketersediaan air dengan ditandatanganinya kerjasama suplay air curah untuk 20 ribu pelanggan tersebut.

“Untuk menjaga kenyamanan pelanggan di wilayah satu, kami akan salurkan air dari instalasi pengolahan air minum di Cikokol untuk pelanggan di wilayah satu sampai Perumda Tirta Benteng kapasitas produksinya telah siap untuk memenuhi kebutuhan di wilayah tersebut,” terangnya.

Di tempat yang sama, Direktur Utama Perumda Tirta Benteng Sumarya mengatakan, 20 ribu pelanggan di wilayah satu itu per 1 Sepember 2021 ini pelayanan hingga pembayaran pemakaian air sudah di perusahaan milik Pemkot Tangerang tersebut.

“Per hari ini kami sudah melakukan pembacaan meter (pemakaian air), nanti tagihan bulan Oktober sudah ke Tirta Benteng,” katanya.

Pihaknya juga sudah menyiapkan tim untuk menyosialisasikan kepada pelanggan di wilayah satu, bahwa pelayanan di Kecamatan Tangerang, Negalasari, dan Karawaci itu kini telah beralih ke Tirta Benteng.

“Kami akan memasang spanduk, brosur dan melalui Camat serta forum RW untuk menyosialisasikan bahwa mereka sudah bisa melakukan komplain juga pembayaran dengan menyebutkan identitas sebagai pelanggan Tirta Benteng,” tambahnya.

Setelah tahap satu, dalam waktu 2,5 tahun juga akan diserahkan aset dari Perumdam TKR ke Tirta Benteng untuk wilayah 2 dan wilayah 3 dengan jumlah pelanggan sekitar 50.000.(*)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed