Menu

Mode Gelap
Diduga Berkelahi, Santri Ponpes di Jayanti Meninggal Dunia Perkuat Komitmen, DPRD Teken Pakta Integritas dengan Kejari Kabupaten Tangerang Ratusan Anak Ikuti BIAN di Kelurahan Kelapa Dua Tersangka Kasus Pupuk Kembalikan Uang Negara Rp110 Juta FOPKIA dan PWI Kabupaten Tangerang Teken MoU

TANGERANG RAYA · 7 Dec 2021 07:01 WIB ·

Antisipasi Banjir, BPBD Kabupaten Tangerang Mulai Siagakan Peralatan dan Personel


 Antisipasi Banjir, BPBD Kabupaten Tangerang Mulai Siagakan Peralatan dan Personel Perbesar

KABUPATEN TANGERANG (OneBanten) – Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tangerang Bambang Sapto mengatakan sudah siap mengantisipasi bencana banjir di musim penghujan ini.

Ia mengaku, pihaknya sudah melakukan langkah-langkah antisipasi diantaranya dengan menyiapkan peralatan dan logistik, seperti perahu karet yang disiagakan di 10 pos milik BPBD Kabupaten Tangerang.

“Setiap pos kita siapkan satu perahu karet. Logistik seperti tenda darurat juga sudah. Untuk bantuan sembako itu disiapkan oleh Dinsos,” kata Bambang, Selasa, 7 Desember 2021.

Selain itu, lanjutnya, mitigasi bencana banjir secara dini juga dilakukan dengan melakukan sosialisasi baik kepada para relawan maupun kepada masyarakat melalui program kampung tangguh.

“Sebenarnya antisipasi sudah kita lakukan dari jauh hari baik dengan menyiapkan perlengkapan, logistik, dan sosialisasi mitigasi bencana ,” ulasnya

Ia juga menjelaskan, titik rawan banjir di wilayah Kabupaten Tangerang dibagi menjadi tiga kategori. Yakni, daerah rawan banjir rob, daerah rawan banjir karena luapan air sungai di musim hujan, serta daerah rawan banjir yang diakibatkan oleh sistem drainase yang buruk.

“Titiknya banyak. Kalau banjir rob itu paling rawan terjadi di Pantura seperti Kosambi. Kalau karena luapan air sungai itu di daerah yang dilintasi sungai baik yang hulunya dari Lebak maupun dari Bogor seperti Cisoka, Solear, Jayanti juga rawan. Kalau banjir karena drainase buruk itu di Gumarang,” Tuturnya

Ia menambahkan, dalam sepekan terakhir ini pihaknya juga terus melakukan pemantauan kenaikan debit air sungai di sejumlah titik yang biasa mengakibatkan bencana banjir.

“Kita juga terus menyiagakan para personil dan semua perlengkapan untuk upaya penyelamatan apabila terjadi bencana banjir,” tukasnya. (Khi)

Artikel ini telah dibaca 0 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Bupati Zaki Ingatkan Masyarakat Akan Bahaya Sampah

15 August 2022 - 09:08 WIB

Pimpin Apel Pagi, Sekda Bagikan Simbolis Bendera Merah Putih

15 August 2022 - 08:59 WIB

Jelang HUT RI Ke 77, Kelurahan Kelapa Dua Gelar Lomba Kebersihan Lingkungan Antar RW

13 August 2022 - 04:21 WIB

PWI Kabupaten Tangerang Peduli ‘Berbagi Untuk Negeri’

11 August 2022 - 03:59 WIB

Berikan Pengetahuan Tupoksi Wartawan, PWI Kabupaten Tangerang Gelar Literasi Media

9 August 2022 - 04:17 WIB

Perkuat Komitmen, DPRD Teken Pakta Integritas dengan Kejari Kabupaten Tangerang

4 August 2022 - 13:59 WIB

Trending di TANGERANG RAYA