by

Loka Pom Kabupaten Tangerang Razia Toko Kosmetik, Ini Temuannya

KABUPATEN TANGERANG (OneBanten) – Petugas dari Loka Pom Kabupaten Tangerang merazia sejumlah toko yang menjual kosmetik kadaluwarsa dan obat keras tanpa izin edar.

Razia dilakukan di dua lokasi yakni di wilayah Kecamatan Jayanti dan Kecamatan Sukamulya, pada Selasa, 7 Desember 2021.

Dalam razia itu, petugas menemukan sebuah toko penjual prodak kosmetik yang sudah tidak aman digunakan lantaran tanggal layak pakainya sudah habis alias kadaluwarsa.

“Total ada tiga toko yang kita datangi tapi yang dua kita dapati sudah dalam keadaan tutup. Ada satu toko di Sukamulya yang buka dan setelah diperiksa ternyata prodak kosmetik yang dijual seperti lotion itu sudah kadaluwarsa,” kata kepala Loka Pom Kabupaten Tangerang.

Tak hanya menjual kosmetik yang sudah expired, di toko tersebut petugas juga menemukan ribuan butir obat keras dan obat tradisional seperti jamu yang dijual bebas namun tak memiliki izin edar.

“Temuan obat tanpa izin edar 7 item sebanyak 1521 tablet atau kapsul, obat Keras dan obat tradisional tanpa izin edar 10 item sebanyak 942 tablet dengan perkiraan nilai ekonomi 3.5 juta rupiah,” terangnya

Petugas dari Loka Pom yang dibantu oleh personil Satpol PP dan unsur kecamatan itu pun langsung menutup toko dan melakukan penyegelan. Sementara, si penjual diberikan sanksi berupa pembinaan supaya tidak lagi menjual prodak kadaluwarsa dan tanpa izin edar.

“Kalau dari kami dan Satpol PP hanya melakukan penyegelan terhadap tokonya saja. Dari kami ada pembinaan juga untuk penjual atau pemilik tokonya,” tuturnya

Ia juga mengimbau masyarakat untuk menjadi konsumen yang cerdas dengan membeli obat di Apotek dan selalu melakukan CEK KLIK atau Cek Kemasan, Label, Izin Edar dan Kadaluwarsa sebelum membeli obat dan makanan.

“Loka POM menerima dan menindaklanjuti segala pengaduan obat dan makanan dapat disampaikan melalui nomor 0811-9760-079,” pungkasnya. (Khi)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

seven + 19 =

News Feed