Menu

Mode Gelap
Diduga Berkelahi, Santri Ponpes di Jayanti Meninggal Dunia Perkuat Komitmen, DPRD Teken Pakta Integritas dengan Kejari Kabupaten Tangerang Ratusan Anak Ikuti BIAN di Kelurahan Kelapa Dua Tersangka Kasus Pupuk Kembalikan Uang Negara Rp110 Juta FOPKIA dan PWI Kabupaten Tangerang Teken MoU

TANGERANG RAYA · 8 Jun 2022 02:50 WIB ·

Hindari Kecurangan, Disperindag Lakukan Tera Ulang Timbangan Pedagang di Pasar Tigaraksa


 Hindari Kecurangan, Disperindag Lakukan Tera Ulang Timbangan Pedagang di Pasar Tigaraksa Perbesar

KABUPATEN TANGERANG (OneBanten) – Petugas dari Bidang Metrologi Legal Dinas Perindustrian Dan Perdagangan Kabupaten Tangerang melakukan tera ulang di Pasar Tigaraksa, Rabu, 8 Juni 2022, petugas jemput bola mengecek alat ukur berupa timbangan kepada alat Ukur, Takar, Timbang dan Perlengkapannya (UTTP).

Pengecekan dan tera ulang dilakukan untuk memperbaiki dan memastikan kembali keakuratan timbangan setelah pemakaian kurang lebih satu tahun. Hal tersebut juga untuk menghindari adanya kecurangan yang dilakukan oleh pedagang.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Tangerang, Ujang Sudiartono mengatakan, kegiatan ini juga dilakukan untuk melindungi konsumen dari para pedagang yang melakukan kecurangan dengan memodifikasi alat timbangnya.

“Setiap pedagang yang menggunakan timbangan diminta untuk melakukan tera ulang satu tahun sekali. Selain itu pemkab juga melakukan pemeriksaan timbangan secara mendadak setiap satu semester,” ungkapnya.

Peneraan ulang merupakan bentuk pengawasan terhadap pedagang nakal yang dapat merugikan konsumen. Tera ulang dilakukan dari kelompok pedagang tradisional hingga ke perusahaan-perusahaan swasta maupun jasa.

“Kami melakukan pengawasan sampai ke titik masyarakat pedagang mulai dari pasar, toko, kantor pos, perusahaan yang menggunakan timbangan wajib tera ulangnya,” jelasnya.

Ia mengimbau pedagang untuk tidak melakukan kecurangan dalam hal timbangan. Jika ditemukan maka pihaknya akan memberikan sangsi yang tegas, bahkan pihaknya akan menyiapkan pos ukur ulang di beberapa pasar guna melindungi hak konsumen.(Ramzy)

Artikel ini telah dibaca 0 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Jelang HUT RI Ke 77, Kelurahan Kelapa Dua Gelar Lomba Kebersihan Lingkungan Antar RW

13 August 2022 - 04:21 WIB

PWI Kabupaten Tangerang Peduli ‘Berbagi Untuk Negeri’

11 August 2022 - 03:59 WIB

Berikan Pengetahuan Tupoksi Wartawan, PWI Kabupaten Tangerang Gelar Literasi Media

9 August 2022 - 04:17 WIB

Perkuat Komitmen, DPRD Teken Pakta Integritas dengan Kejari Kabupaten Tangerang

4 August 2022 - 13:59 WIB

Ratusan Anak Ikuti BIAN di Kelurahan Kelapa Dua

3 August 2022 - 06:17 WIB

FOPKIA dan PWI Kabupaten Tangerang Teken MoU

28 July 2022 - 06:55 WIB

Trending di TANGERANG RAYA