by

Bahu Jalan di Desa Tanjung Burung Teluknaga Longsor

KABUPATEN TANGERANG (OneBanten) — Derasnya arus Sungai Cisadane mengakibatkan bahu jalan tepatnya di Kampung Kandang Genteng, Desa Tanjung Burung, Kecamatan Teluknaga longsor, pada Selasa, 16 Februari 2021 malam. Tak hanya itu, dinding penahan air yang berada di pinggir Sungai Cisadane itu tak mampu menahan debit air yang mengalir. Akibatnya, turap beton yang berfungsi menahan tanah tersebut ambruk terbawa material longsor.

Danramil 01/Tgr Kapten CPM Djalaluddin Putra memimpin langsung patroli pengecekan arus sungai Cisadane wilayah Desa Tanjung Burung Kecamatan Teluknaga Kabupaten Tangerang, Rabu, 17 Februari 2021. Patroli pengecekan yang dilaksanakan oleh Danramil 01/ Teluknaga didampingi oleh 4 personil Babinsa. Para petugas berpatroli menggunakan sepeda motor dan perahu menyusuri sekitar bantaran Sungai Cisadane yang rusak.

Dandim 0510/Trs Letkol Inf Bangun I E Siregar melalui Danramil 01/Tln Kapten CPM Djalaluddin Putra mengatakan, selain patroli bersama warga setempat pihaknya melaksanakan pembersihan dan perbaikan bahu jalan yang longsor akibat derasnya arus Sungai Cisadane di Kampung Kandang Genteng Desa Tanjung Burung Kecamatan Teluknaga.

“Pinggir jalan yang longsor rencananya akan diperbaiki oleh swadaya masyarakat dan tokoh tokoh setempat,” tandasnya.

Ia mengungkapkan, di musim penghujan ditambah kekuatan turap beton yang tidak kuat menahan beban sehingga terjadilah ambruk dan longsor pada bahu jalan di Kampung Kandang Genteng, Desa Tanjung Burung. Menurutnya, lokasi longsor yang dekat dengan Sungai Cisadane ini sangat berbahaya bagi pengguna kendaraan sepeda motor atau mobil yang melintasinya.

“Kami imbau kepada masyarakat dan pengguna jalan agar tetap berhati-hati dalam melintas,” tandasnya.

Djalaluddin mengatakan, patroli peninjauan Sungai Cisadane ini juga dilakukan usai pelaksanaan operasi PPKM berskala mikro. Kata Djalaluddin, setiap kegiatan yang diselenggarakan Koramil 01/Tln selalu menerapkan protokol kesehatan dalam upaya memutus mata rantai penularan covid 19.(zie)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed