by

Wartawan Kabupaten Tangerang Disuntik Vaksin Covid-19

KABUPATEN TANGERANG (OneBanten) — Sekitar 20 wartawan di Kabupaten Tangerang disuntik vaksin covid-19 di gedung serba guna (GSG) Kabupaten Tangerang di Tigaraksa, Sabtu, 27 Februari 2021.

Vaksinasi tahap pertama untuk meningkatkan kekebalan tubuh dari virus corona itu beberapa diikuti pewarta anggota Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Tangerang.

Ketua PWI Kabupaten Tangerang Sangki Wahyudin menjadi salah satu penerima vaksin. Ia menceritakan pengalaman disuntik vaksin dosis pertama tersebut.

“Alhamdulilah, hari ini kami sudah disuntik vaksin covid-19 dosis pertama. Sama seperti jenis vaksin lainnya, terasa biasa saja, tidak ada efek samping,” ungkapnya.

Proses vaksinasi itu berlangsung empat tahap. Pertama, pandataan peserta. Pada tahap ini, petugas memasukkan data diri peserta ke dalam sistem, sehingga penerima vaksin datanya terekam dalam sistem yang terintegrasi di Kementerian Kesehatan. Data tersebut berupa Nomor Induk Kewarganegaan (NIK), nama lengkap, alamat, profesi hingga nomor ponsel.

Kemudian, peserta memasuki tahap observasi. Pada tahap ini, petugas memeriksa kondisi kesehatan peserta. Pemeriksaan dilakukan dengan memeriksa tekanan darah, dan mengajukan beberapa pertanyaan.

Selanjutnya, dilakukan penyuntikan vaksin sinovac. Setelah disuntik, peserta menuju meja keempat. Di sini, peserta diberikan pengarahan agar menyampaikan ke petugas jika ada keluhan setelah disuntik, selanjutnta diminta beristirahat selama 30 menit.

Setelah 30 menit berlalu, peserta kembali ke meja keempat untuk melaporkan waktu istirahat telah selesai, petugas kemudian memberikan kartu vaksinasi dan menyampaikan jika ada keluhan tertentu sebelum vaksinasi tahap dua, peserta dapat menghubungi nomor yang tertera dalam kartu tersebut. Vaksinasi tahap dua untuk peserta hari ini 15 Maret 2021.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Tangerang yang telah memprioritaskan insan pers sebagai penerima vaksin ini. Sebab diketahui, wartawan adalah profesi yang juga rawan mudah terpapar virus corona dan salah satu garda terdepan penanggulangan penyebaran covid-19,” kata Sangki.

Selain itu, Sangki juga mengimbau wartawan di Kabupaten Tangerang yang belum mengikuti untuk segera berkomunikasi dengan pihak terkait, sehingga segera divaksinisasi.

Sebelum menjalani vaksinasi, peserta menjalani observasi, di antaranya pendataan.(Ramzy)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed